UPDATE COVID-19 INDONESIA

Cara Menghapus URL Tidak Aktif atau Eror 404 dari Google Search

Halaman website yang dimiliki seseorang akan muncul pada hasil pencarian ketika dihubungkan dengan mesin pencari seperti Google Search, Bing dan search engine lainnya. Saat teman-teman semua mau menghubungkan dengan website, mereka (Google Search dan Bing) akan mengindeks seluruh halaman website Anda yang dapat diakses secara publik.

Oleh karena itu, seluruh halaman website yang dapat diakses oleh pencari akan muncul di hasil mesin pencari, termasuk halaman pribadi yang dapat diakses secara publik. Mesin pencari tidak dapat membedakan halaman apakah berisi konten atau tidak, artikel atau bukan, selama itu sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dicari oleh pengguna, maka halaman tersebut akan ditampilkan di hasil pencarian tersebut.

Bahkan postingan yang sudah dihapus dari dashboard blog pun masih muncul di mesin pencarian. Bila seseorang mengklik url postingan yang terhapus itu akan muncul kode "Eror 404" atau "Halaman tidak ditemukan" seperti pada gambar dibawah ini.

Error 404 merupakan salah satu error yang paling sering dikeluhkan oleh para pemilik website. Munculnya error ini tentu menjengkelkan karena bisa merusak pengalaman pengunjung website kita semua.

Kabar baiknya Anda dapat mengatasi Error 404 dengan sangat mudah. Di artikel kali ini, kami akan memandu teman-teman semua mempelajari bagaimana cara mengatasi Error 404 sampai tuntas.


Teman-teman semua tidak perlu khawatir, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk memisahkan konten yang boleh diindeks dan yang tidak serta cara untuk mengatasi URL yang mesih menimbulkan kode eror 404. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk Cara Menghapus URL Tidak Aktif atau Eror 404 dari Google Search.

1. Menggunakan Google Search Console Remove URLs

Memblokir URL di blog atau website Anda dapat membuat pencarian Google berhenti melakukan indeksasi halaman website dan tidak memunculkannya di hasil pencarian. Apalagi URL tersebut telah tidak aktif.

Seperti biasa silahkan masuk ke Google Search Console. Akses Google Search Console teman-teman (atau yang disebut dengan Google Web Master Tools).


Keterangan Gambar :
  1. Pastikan Situsnya dulu, di situs mana URL yang mau dihapus
  2. Silahkan klik "Penghapusan"
Akan muncul halaman baru seperti dibawah ini:


Keterangan Gambar : Silahkan teman-teman masukkan keseluruhan URL yang akan mau dihapus dari mesin pencarian google.


Keterangan Gambar : Silahkan klik "Kirim Permintaan"


2. Menggunakan Google Remove Outdated Content

Selain menggunakan Removal URLs di point 1, Kalian juga dapat menggunakan Google Remove Outdated Content di Google Search Console. Anda hanya tinggal mengunjungi Remove Ourdated Content dan kemudian memasukkan URL yang ingin dihapus dari mesin pencarian google.


Dengan catatan, cara ini hanya dapat digunakan pada halaman atau gambar yang sudah diubah atau dihapus dari halaman website atau blog kalian. Anda juga dapat menggunakan cara  seperti ini untuk menghapus cache dan snipet yang sudah usang dari hasi pencarian.

Kalian hanya masukkan URL di dalam kolom, kemudian klik “Request Removal”. Selanjutnya Anda akan menjumpai notifikasi konfirmasi, klik “Request Removal”



Baca Juga : Cara Menghapus Situs di Properti Google Search Console Versi Terbaru.

Ok teman-teman cukup sekian tutorial dari saya tentang Cara Menghapus URL Tidak Aktif atau Eror 404 dari Google Search. Tak henti-hentinya admin mengucapkan banyak terima kasih atas kenjungan teman-teman semua.

Semoga saja kita semua bisa sukses dalam bisnis blog. Akhir kata sampai ketemu pada tutorial berikutnya yang tentunya masih berkaitan dengan beraneka tutorial yang menarik dan bermanfaat.

Sampai Jumpa

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus URL Tidak Aktif atau Eror 404 dari Google Search "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel