UPDATE COVID-19 INDONESIA

Cara Membuat Postingan Blog untuk Blogger Pemula

 

Halo teman-teman sahabat Kakul Net, bagaimana kabar semua, berjumpa kembali dengan admin, dikesempatan kali ini, admin akan memberikan tutorial Cara Membuat Postingan Blog untuk Blogger Pemula. Dalam membuat postingan dapat dilakukan dengan 2 cara mode penulisan, yakni compose dan mode HTML. Teman-teman mungkin bertanya mode yang mana paling baik dilakukan. Menurut admin sih sesuaikan dengan kebutuhan artikel. Tapi untuk tahap awal admin sarankan untuk menggunakan mode penulisan compose karena kita tidak perlu rumit-rumit menguasai kode-kode HTML. Setelah kita mahir, baru kita menggunakan mode HTML.

Ok, teman-teman seperti biasa setiap admin memberikan tutorial selalunya dilengkapi dengan gambar agar teman-teman semua lebih cepat memahaminya. Sekarang admin langsung pada topik utama yaitu Cara Membuat Postingan Blog untuk Blogger Pemula.

Pertama-tama masuklah ke blogger.com silahkan masukkan email dan pasword/sandi blognya kalian, lalu menuju ke dashboard. Setelah masuk di dashboard, mulai membuat postingan baru Untuk mulai membuat postingan, klik pada tombol "Entri Baru" yang terdapat pada Dashboard blog.


Setelah kalian klik tombol "Entri" akan muncul halaman baru seperti berikut:


Keterangan Gambar :
  1. Judul Postingan, silahkan kalian isi judul postingan sesui tema artikel yang kalian buat. Usahakan judul ini mewakili semua isi artikel kalian. Misalkan kalian buat artikel tentang menanam bibit sawi, maka judul postingan harus mewakili isi artikel misalkan buat judulnya "Cara menanam bibit sawi dengan mudah".
  2. Mode Penulisan Post, Dalam membuat postingan kalian akan dihadapkan dengan 2 mode penulisan yakni mode compose dan HTML. sepertinya yang admin jelaskan diatas, untuk blogger pemula sebaiknya menggunakan mode compose. Mode compose ini, anda bisa membuat posting dengan memanfaatkan menu-menu toolbar post. Misalnya saja seperti insert gambar, link, atur rata text (alignment), kasi tebal teks, kasi warna teks dan lain sebagainya. Saat tean-teman membuat apapun pada mode compose, ketika anda beralih ke mode HTML, semua tulisan itu akan diterjemahkan (dikonversi) kedalam format HTML. Begitu pun sebaliknya, apapun yang telah anda buat menggunakan mode HTML, ketika kalian beralih ke mode compose, itu akan diterjemahkan kedalam bentuk/format tampilan yang sebenarnya. 
  3. Ini merupakan tombol Undo/redo, jika kalian merasa salah input, semuax bisa dikembalikan.
  4. Ini adalah menu yang terdapat dalam membuat postingan di blogger. Hampir semua fungsi menu yang terdapat pada toolbar ini admin yakin telah teman-teman kuasai. Ya, ini tidak jauh berbeda dengan toolbar yang terdapat pada program Microsoft Office Word, entah word 2017 atau diatasnya. Oleh karena itu, sebagian besar dari menu ini tidak perlu lagi saya jelaskan secara detail lagi. karena cara penggunaan beberapa menu dasar ini juga sama dengan Microsoft Office Word teman-teman.
  5. Label, silahkan teman-teman isi label sesuai tema artikel postingan, karena diatas admin kasi contoh tentang cara menanam bibit sawi, bisa kalian isi nama label "pertanian" dan lain-lain.
  6. Pratinjau, ini untuk melihat hasil postingan kita untuk sementara, apakan sudah baik atau masih perlu perbaikan.
  7.  Simpan, ini adalah tombol untuk menyimpan semua hasil ketikan artikel kalian.
  8. Publikasi, nah ini yang paling penting. Postingan yang kalian buat akan dipublikasikan ke mesin pencarian google, sehingga orang lain akan dapat membaca artikel yang kalian telah publikasikan.
Nah, demikianlah tutorial tentang Cara Membuat Postingan Blog untuk Blogger Pemula, apakah dengan selesai mempublikasikan postingan tersebut, orang-orang bisa langsung mencari dan menemukan artikel kalian di google. Tentunya tidak, karena kita harus mengindek URL postingan kita dulu ke Google Console. Bagaimana caranya silahkan kalian buka tutorial admin yang ini.

Cukup sekian tutorial dari saya, kalau ada pertanyaan dan saran silahkan di tulis di kolom komentar ya. Salam sukses selalu.

1 Komentar untuk "Cara Membuat Postingan Blog untuk Blogger Pemula"

  1. Sangat berguna sih gan tapi kebanyakan orang sekarang udah bisa mengoperasikannya terlebih pada microsoft word mengenai dasar dasar pengoprasiannya, ya itung itung amal untuk pemula yang kesulitan gan, haha..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel